Tulisan Dari : Prof. Arthur Alison ''Karëna Az Zumar 42''
Namaku Arthur Alison, sëorang profësor yang mënjabat Këpala Jurusan Tëknik Ëlëktro Univërsitas London.
Sëbagai orang ëksak, bagiku sëmua hal bisa dikatakan bënar jika masuk akal dan
sësuai rasio. Karëna itulah, pada awalnya agama bagiku tak lëbih dari objëk
studi. Sampai akhirnya aku mënëmukan bahwa Al Quran, mampu mënjangkau pëmikiran
manusia.
Bahkan lëbih dari itu. Maka aku pun mëmëluk Islam.
Itu bërmula saat aku diminta tampil untuk bërbicara tëntang mëtodë
këdoktëran spiritual. Undangan itu sampai këpadaku karëna sëlama bëbërapa tahun, aku mëngëtuai Këlompok
Studi Spiritual dan Psikologis Inggris. Saat itu, aku sëbënarnya tëlah mëngënal
Islam mëlalui sëjumlah studi tëntang agama-agama.
Pada Sëptëmbër 1985 itulah, aku diundang untuk mëngikuti
Konfërënsi Islam Intërnasional tëntang 'Këaslian Mëtodë Pëngobatan dalam Al
Quran'di Kairo. Pada acara itu, aku mëmprësëntasikan makalah tëntang 'Tërapi
dëngan Mëtodë Spiritual dan Psikologis dalam Al Quran'.
Makalah itu mërupakan pëmbanding atas makalah lain tëntang 'Tidur
dan Këmatian', yang bisa dibilang tafsir mëdis atas Quran surat Az Zumar ayat
42 yang disampaikan ilmuwan Mësir, Dr. Mohammëd Yahya Sharafi.
Fakta-fakta yang dikëmukakan Sharafi atas ayat yang artinya,
"Allah mëmëgang jiwa (orang) këtika matinya dan (mëmëgang) jiwa (orang)
yang bëlum mati di waktu tidurnya; Maka Dia tahanlah jiwa (orang) yang tëlah
Dia tëtapkan këmatiannya dan Dia mëlëpaskan jiwa yang lain sampai waktu yang
ditëntukan. Sësungguhnya pada yang dëmikian itu tërdapat tanda-tanda këkuasaan
Allah bagi kaum yang bërpikir," tëlah mëmbukakan mata hatiku tërhadap
Islam.
Sëcara parapsikologis, sëpërti dijëlaskan Al Quran, orang tidur
dan orang mati adalah dua fënomëna yang sama. Yaitu dimana ruh tërpisah dari
jasad. Bëdanya, pada orang tidur, ruh dëngan këkuasaan Allah bisa këmbali
këpada jasad saat orang itu tërjaga. Sëdangkan pada orang mati, tidak.
Ayat itu mërupakan pënjëlasan, mëngapa sëtiap orang yang bërmimpi
sadar dan ingat bahwa ia tëlah bërmimpi. Ia bisa mëngingat mimpinya, padahal
saat bërmimpi ia sëdang tidur.
Al Quran surat Az Zumar ayat 42 ini juga mënjadi pënjëlasan atas
orang yang mëngalami koma. Sëcara fisik, orang yang koma tak ada bëdanya dëngan
orang mati. Tapi ia tak dapat dinyatakan mati, karëna sëcara psikis ada suatu
kësadaran yang masih hidup.
"Bagaimana Al Quran yang diturunkan 15 abad silam, bisa
mënjëlaskan sëbuah fënomëna yang olëh tëori parapsikologis baru bisa
dikonsëpsikan pada abad ini?" Jawaban atas përtanyaan inilah yang akhirnya
mëyakinkan aku untuk mëmëluk Islam.
Sëlëpas sësi pëmaparan kësimpulan dalam konfërënsi itu,
disaksikan olëh Syëkh Jad Al-Haq, Dr. Mohammëd Ahmady dan Dr. Mohammëd Yahya
Sharafi, akupun mënyatakan dëngan tëgas bahwa Islam adalah agama yang nyata
bënarnya.
Tërbukti, isi Al Quran yang mërupakan firman Allah pëncipta
manusia, sësuai dëngan fakta- fakta ilmiah. Këmudian dëngan yakin, aku
mëlafadzkan dua kalimat syahadat yang sudah sangat fasih kubacakan. Sëjak itu
aku pun mënjadi sëorang Muslim dan mëngganti namaku mënjadi Abdullah Alison.
Sëbagai Këtua Këlompok Studi Spiritual dan Psikologi Inggris, aku
tëlah mëngënal banyak agama mëlalui sëjumlah studi yang dilakukan. Aku
mëmpëlajari Hindu, Budha dan agama sërta këpërcayaan lainnya. Ëntah kënapa,
këtika aku mëmpëlajari Islam, aku juga tërdorong untuk mëlakukan studi
përbandingan dëngan agama lainnya.
Walaupun baru pada saat konfërënsi di Mësir, aku yakin bënar
bahwa Islam sëbuah agama bësar yang
nyata përbëdaannya dëngan agama lain. Agama yang paling baik diantara agama-
agama lain adalah Islam. Ia cocok dëngan hukum alam tëntang prosës këjadian
manusia. Maka hanya Islam-lah yang pantas mëngarahkan jalan hidup manusia.
Aku mërasakan bënar, ada sësuatu yang mëngontrol alam ini. Dia itulah Sang Krëator, Allah Swt. Dari
pëngalaman bagaimana aku mëngënal dan masuk Islam, aku pikir pëndëkatan ilmiah
Al Quran bisa mënjadi sarana ëfëktif untuk mëndakwahkan Islam di Barat yang
sangat rasional itu.
No comments:
Post a Comment