Sunday, January 1, 2017

Cerita Islami "Tidur Dan Kematian"

Tulisan Dari : Prof. Arthur Alison ''Karëna Az Zumar 42''

Namaku Arthur Alison, sëorang profësor yang mënjabat Këpala  Jurusan Tëknik Ëlëktro Univërsitas London. Sëbagai orang ëksak, bagiku sëmua hal bisa dikatakan bënar jika masuk akal dan sësuai rasio. Karëna itulah, pada awalnya agama bagiku tak lëbih dari objëk studi. Sampai akhirnya aku mënëmukan bahwa Al Quran, mampu mënjangkau pëmikiran manusia.
Bahkan lëbih dari itu. Maka aku pun mëmëluk Islam.
Itu bërmula saat aku diminta tampil untuk bërbicara tëntang mëtodë këdoktëran spiritual. Undangan itu sampai këpadaku karëna  sëlama bëbërapa tahun, aku mëngëtuai Këlompok Studi Spiritual dan Psikologis Inggris. Saat itu, aku sëbënarnya tëlah mëngënal Islam mëlalui sëjumlah studi tëntang agama-agama.
Pada Sëptëmbër 1985 itulah, aku diundang untuk mëngikuti Konfërënsi Islam Intërnasional tëntang 'Këaslian Mëtodë Pëngobatan dalam Al Quran'di Kairo. Pada acara itu, aku mëmprësëntasikan makalah tëntang 'Tërapi dëngan Mëtodë Spiritual dan Psikologis dalam Al Quran'.
Makalah itu mërupakan pëmbanding atas makalah lain tëntang 'Tidur dan Këmatian', yang bisa dibilang tafsir mëdis atas Quran surat Az Zumar ayat 42 yang disampaikan ilmuwan Mësir, Dr. Mohammëd Yahya Sharafi.
Fakta-fakta yang dikëmukakan Sharafi atas ayat yang artinya, "Allah mëmëgang jiwa (orang) këtika matinya dan (mëmëgang) jiwa (orang) yang bëlum mati di waktu tidurnya; Maka Dia tahanlah jiwa (orang) yang tëlah Dia tëtapkan këmatiannya dan Dia mëlëpaskan jiwa yang lain sampai waktu yang ditëntukan. Sësungguhnya pada yang dëmikian itu tërdapat tanda-tanda këkuasaan Allah bagi kaum yang bërpikir," tëlah mëmbukakan mata hatiku tërhadap Islam.
Sëcara parapsikologis, sëpërti dijëlaskan Al Quran, orang tidur dan orang mati adalah dua fënomëna yang sama. Yaitu dimana ruh tërpisah dari jasad. Bëdanya, pada orang tidur, ruh dëngan këkuasaan Allah bisa këmbali këpada jasad saat orang itu tërjaga. Sëdangkan pada orang mati, tidak.
Ayat itu mërupakan pënjëlasan, mëngapa sëtiap orang yang bërmimpi sadar dan ingat bahwa ia tëlah bërmimpi. Ia bisa mëngingat mimpinya, padahal saat bërmimpi ia sëdang tidur.
Al Quran surat Az Zumar ayat 42 ini juga mënjadi pënjëlasan atas orang yang mëngalami koma. Sëcara fisik, orang yang koma tak ada bëdanya dëngan orang mati. Tapi ia tak dapat dinyatakan mati, karëna sëcara psikis ada suatu kësadaran yang masih hidup.
"Bagaimana Al Quran yang diturunkan 15 abad silam, bisa mënjëlaskan sëbuah fënomëna yang olëh tëori parapsikologis baru bisa dikonsëpsikan pada abad ini?" Jawaban atas përtanyaan inilah yang akhirnya mëyakinkan aku untuk mëmëluk Islam.
Sëlëpas sësi pëmaparan kësimpulan dalam konfërënsi itu, disaksikan olëh Syëkh Jad Al-Haq, Dr. Mohammëd Ahmady dan Dr. Mohammëd Yahya Sharafi, akupun mënyatakan dëngan tëgas bahwa Islam adalah agama yang nyata bënarnya.

Tërbukti, isi Al Quran yang mërupakan firman Allah pëncipta manusia, sësuai dëngan fakta- fakta ilmiah. Këmudian dëngan yakin, aku mëlafadzkan dua kalimat syahadat yang sudah sangat fasih kubacakan. Sëjak itu aku pun mënjadi sëorang Muslim dan mëngganti namaku mënjadi Abdullah Alison.
Sëbagai Këtua Këlompok Studi Spiritual dan Psikologi Inggris, aku tëlah mëngënal banyak agama mëlalui sëjumlah studi yang dilakukan. Aku mëmpëlajari Hindu, Budha dan agama sërta këpërcayaan lainnya. Ëntah kënapa, këtika aku mëmpëlajari Islam, aku juga tërdorong untuk mëlakukan studi përbandingan dëngan agama lainnya.
Walaupun baru pada saat konfërënsi di Mësir, aku yakin bënar bahwa  Islam sëbuah agama bësar yang nyata përbëdaannya dëngan agama lain. Agama yang paling baik diantara agama- agama lain adalah Islam. Ia cocok dëngan hukum alam tëntang prosës këjadian manusia. Maka hanya Islam-lah yang pantas mëngarahkan jalan hidup manusia.

Aku mërasakan bënar, ada sësuatu yang mëngontrol alam ini.  Dia itulah Sang Krëator, Allah Swt. Dari pëngalaman bagaimana aku mëngënal dan masuk Islam, aku pikir pëndëkatan ilmiah Al Quran bisa mënjadi sarana ëfëktif untuk mëndakwahkan Islam di Barat yang sangat rasional itu.

No comments:

Post a Comment