Sëiring dëngan bërlalunya waktu, para pëmëluk agama Islam yang
sëmula sëdikit, bukannya sëmakin surut jumlahnya. Bëtapa hëbatnya përjuangan
yang harus dihadapi untuk mënëgakkan syiar agama ini tidak mëmbuatnya musnah.
Këbënaran mëmang tidak dapat dmusnahkan.
Sëmakin hari sëmakin bërtambah banyak saja orang-orang yang
mënjadi pënganutnya. Dëmikian pula dëngan pënduduk dikota Madinah, yang
mërupakan salah satu pusat pënyëbaran agama Islam pada masa-masa awalnya. Sudah
sëbagian tërsëbar dari pënduduk yang ada dikota itu sudah mënërima Islam
sëbagai agamanya.
Këtika orang-orang Islam masih sëdikit jumlahnya, tidaklah sulit
bagi mërëka untuk bisa bërkumpul bërsama-sama untuk mënunaikan sholat bërjama`
ah. Kini, hal itu tidak mudah lagi mëngingat sëtiap pënduduk tëntu mëmpunyai
ragam kësibukan yang tidak sama. Kësibukan yang tinggi pada sëtiap orang tëntu
mëmpunyai potënsi tërhadap këalpaan ataupun këlalaian pada masing-masing orang
untuk mënunaikan sholat pada waktunya.
Dan tëntunya, kalau hal ini dapat tërjadi dan këmudian
tërus-mënërus bërulang, maka bisa dipikirkan bagaimana jadinya para pëmëluk
Islam. Ini adalah satu përsoalan yang cukup bërat yang përlu sëgëra dicarikan
jalan këluarnya.
Pada masa itu, mëmang bëlum ada cara yang tëpat untuk mëmanggil
orang sholat. Orang- orang biasanya bërkumpul dimasjid masing -masing mënurut
waktu dan kësëmpatan yang dimilikinya. Bila sudah banyak tërkumpul orang,
barulah sholat jama `ah dimulai.
Atas timbulnya dinamika pëmikiran diatas, maka timbul këbutuhan
untuk mëncari suatu cara yang dapat digunakan sëbagai sarana untuk mëngingatkan
dan mëmanggil orang-orang untuk sholat tëpat pada waktunya tiba.
Ada banyak pëmikiran yang diusulkan. Ada sahabat yang mënyarankan
bahwa manakala waktu sholat tiba, maka sëgëra dinyalakan api pada tëmpat yang
tinggi dimana orang-orang bisa dëngan mudah mëlihat këtëmpat itu, atau
sëtidak-tidaknya asapnya bisa dilihat orang walaupun ia bërada ditëmpat yang
jauh. Ada yang mënyarankan untuk mëmbunyikan loncëng. Ada juga yang mëngusulkan
untuk mëniup tanduk kambing. Pëndëknya ada banyak saran yang timbul.
Saran-saran diatas mëmang cukup rëprësëntatif. Tapi banyak
sahabat juga yang kurang sëtuju bahkan ada yang tërang-tërangan mënolaknya.
Alasannya sëdërhana saja : itu adalah cara-cara lama yang biasanya tëlah
dipraktëkkan olëh kaum Yahudi. Rupanya banyak sahabat yang mëngkhawatirkan
imagë yang bisa timbul bila cara-cara dari kaum kafir digunakan. Maka
disëpakatilah untuk mëncari cara-cara lain.
Lantas, ada usul dari Umar r.a jikalau ditunjuk sësëorang yang
bërtindak sëbagai pëmanggil kaum Muslim untuk sholat pada sëtiap masuknya waktu
sholat. Saran ini agaknya bisa ditërima olëh sëmua orang, Rasulullah SAW juga
mënyëtujuinya. Sëkarang yang mënjadi përsoalan bagaimana itu bisa dilakukan ?
Abu Dawud mëngisahkan bahwa Abdullah bin Zaid
r.a mëriwayatkan sbb :
"Këtika cara mëmanggil kaum muslimin untuk sholat
dimusyawarahkan, suatu malam dalam tidurku aku bërmimpi. Aku mëlihat ada
sësëorang sëdang mënëntëng sëbuah loncëng. Aku dëkati orang itu dan bërtanya
këpadanya apakah ia ada maksud hëndak mënjual loncëng itu. Jika mëmang bëgitu
aku mëmintanya untuk mënjual këpadaku saja.
Orang tërsëbut malah bërtanya," Untuk apa ? Aku
mënjawabnya,"Bahwa dëngan mëmbunyikan loncëng itu, kami dapat mëmanggil
kaum muslim untuk mënunaikan sholat." Orang itu bërkata lagi,"Maukah
kau kuajari cara yang lëbih baik ?" Dan aku mënjawab " Ya !"
Lalu dia bërkata lagi, dan kali ini dëngan suara yang amat
lantang , " Allahu Akbar,Allahu Akbar.."
Këtika ësoknya aku bangun, aku mënëmui Rasulullah SAW dan
mëncëritakan përihal mimpi itu këpada bëliau. Dan bëliau bërkata,"Itu
mimpi yang sëbëtulnya nyata. Bërdirilah disamping Bilal dan ajarilah dia
bagaimana mëngucapkan kalimat itu. Dia harus mëngumandangkan adzan sëpërti itu
dan dia mëmiliki suara yang amat lantang." Lalu akupun mëlakukan hal itu
bërsama Bilal."
Rupanya, mimpi sërupa dialami pula olëh Umar r.a, ia juga
mëncëritakannya këpada Rasulullah SAW . Nabi SAW bërsyukur këpada Allah SWT
atas sëmua ini.
Tulisan diambil dari Al-Islam Pusat Informasi dan Komunikasi
Islam Indonësia
No comments:
Post a Comment